Slider

Business

Marketing

media

advertising

» » Ada Air Mengalir di Planet Mars, Ini Pembuktian dari NASA

Inilah bukti terbaru adanya kehidupan di Mars. Munculnya kesimpulan bahwa air mengalir di Mars saat ini didapatkan setelah ilmuwan di Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat menganalisis citra unik yang dipotret oleh kamera wahana Mars Reconaissance Orbitter. Ternyata memang benar Ada Air Mengalir di Planet Mars, Ini Pembuktian dari NASA. Bukti tersebut ada di sejumlah foto yang dirilis di situs web NASA. Salah satu yang menunjukkan keberadaan air di Mars adalah foto Kawah Horowitz. 
Air Mengalir di Mars
Air Mengalir di Mars
Kawah itu memiliki pola garis gelap yang menuruni tebing atau recurring slope lineae (RSL). Jim Green, Direktur Ilmu Planet NASA mengatakan bahwa Mars bukan planet yang kering dan gersang seperti yang kita perkirakan di masa lalu. Namun ilmuwan belum mengetahui dengan pasti sumber air itu. Air bisa saja berasal dari es di bawah permukaan, sumber air asin di lapisan akuifer, atau merupakan hasil kondensasi atmosfer Mars yang tipis.
Foto tersebut dihasilkan dari hasil kerja kamera High Resolution Imaging Sciece Experiment (HiRISE) pada wahana Mars Reconnaissance Orbiter (MRO). Foto yang diambil pada 21 Oktober 2007 di lokasi dengan koordinat 32 derajat Lintang Selatan dan 141 derajat Bujur Timur itu kemudian diolah berdasarkan model peta tiga dimensi permukaan Mars. Ada tiga citra RSL lain yang menjadi bukti adanya air mengalir di Mars, yaitu di kawah Hale dan Garni serta wilayah ekuator Mars yang disebut Coprates Chasma. 

Keberadaan carian di Mars membuktikan bahwa planet tersebut masih aktif secara geologis dan sekaligus sedikit meningkatkan kemungkinan bahwa Mars menampung organisme kehidupan yang sederhana. Para ilmuwan selama ini memang menduga ada air yang mengalir di Mars namun masih tertanya-tanya bagaimana cairan bisa mengalir di permukaannya karena termperatur yang berada di bawah 0' Celcius.

John Bridge, profesor ilmu keplanetan di University of Leicester mengatakan bahwa temuan ini bisa menjadi petunjuk untuk mengungkap sumber air. Dan bahwa memang benar jika di sana, sebuah kehidupan bisa dicari.

«
Next
Bài đăng Mới hơn
»
Previous
Bài đăng Cũ hơn

Không có nhận xét nào:

Leave a Reply