Slider

Business

Marketing

media

advertising

» » Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa. Menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban untuk setiap umat Islam di seluruh dunia. Tentu Anda tidak ingin walaupun sedang melakukan ibadah puasa kemudian kurang aktif dalam berbagai hal. Aktivitas seperti bekerja dan berkomunikasi dengan orang lain tentu akan tetap menjadi rutinitas Anda. 
Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa
Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa
Masalah yang paling dirasakan ketika berpuasa adalah bau mulut yang tidak sedap sehingga kita sedikit kurang percaya diri ketika harus berkomunikasi dengan orang lain, terlebih lagi apabila dengan yang baru saja kita kenal. Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa berikut ini akan berguna untuk Anda yang ingin tetap segar di bulan Ramadhan. Masalah bau mulut saat berpuasa disebabkan oleh kelenjar ludah tidak memproduksi air liur dalam jumlah cukup yang dapat menjaga nafas tetap segar. Masalah ini sebenarnya normal bagi seseorang yang berpuasa.  
Namun meski sedang dalam keadaaan melakukan ibadah suci, bukan berarti kita bisa mengabaikan kebersihan tubuh begitu saja, termasuk di antaranya kebersihan mulut.

Berikut ini adalah beberapa Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa untuk Anda yang menjalankan ibadah puasa agar terhindar dari permasalahan bau mulut yang tidak sedap:
  • Utamakan sikat gigi setelah makan sahur dan lakukan dengan baik untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut. Anda juga bisa melakukannya saat berpuasa. asal tidak ada yang tertelan.
  • Usahakan untuk minum air setidaknya 2 - 3 gelas disaat Anda sahur. Minum banyak air dapat menghindarkan bau mulut selama berpuasa yang disebabkan oleh keringnya mulut. Minum banyak air juga akan menjaga tubuh tetap segar dan menghindarkan dehidrasi selama berpuasa.
  • Saat berwudlu sebelum sholat, berkumurlah dengan benar. Ini untuk membersihkan kotoran-kotoran dan bakteri di dalam mulut khususnya di sela-sela gigi. Sebagai tambahan, anda dapat menggunakan mouthwash (obat kumur) yang tidak mengandung alkohol. Alkohol tentu saja dilarang dan efeknya justru akan memperkering mulut. Dan pastikan anda tidak menelannya saat berkumur.
  • Gunakan siwak atau sikat gigi dari pohon siwak untuk membersihkan gigi dan lidah. Sejumlah penelitian internasional membuktikan bahwa siwak (atau miswak, sewak) sangat efektif untuk membersihkan mulut, dan tentu saja ini juga dianjurkan oleh Nabi SAW. Kini siwak digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis produk yang berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan mulut.
  • Konsumsi teh hijau pada saat sahur dan berbuka karena teh hijau mengandung zat aktif yang disebut catechin yang dapat membunuh bakteri di mulut, dan menghapus gula dari plak dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Teh bunga lavender juga terkenal mampu mengendalikan dan membunuh bakteri penyebab bau mulut sehingga Anda tetap segar ketika berpuasa.
Baca Juga: Tips Agar Tetap Sehat,Segar dan Bugar Saat Berpuasa
Nah itulah beberapa tips Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa untuk Anda di bulan suci Ramadhan. Tentu dengan nafas yang tetap segar Anda juga semakin percaya diri untuk melakukan semua aktivitas atau ketika berkomunikasi dengan orang di sekitar Anda.

«
Next
Bài đăng Mới hơn
»
Previous
Bài đăng Cũ hơn

Không có nhận xét nào:

Leave a Reply