Slider

Business

Marketing

media

advertising

» » Giring Nidji: YouTube Musuh Terbesar Musik Indonesia?

Zaman memang sudah berbeda dan perkembangan teknologi juga semakin canggih. Begitu juga denga perkembangan musik, tak jauh beda dengan di Indonesia. Saat ini memang untuk menikmati musik bahkan video musik menjadi lebih praktis dan mudah dengan adanya internet. Yang tidak memiliki DVD player tetap bisa melihat video artis favourite melalui hanphone. Di lain pihak, penjualan album musik khususnya CD dari musisi di Indonesia saat ini memang terlihat mengalami penurunan. Bahkan sampai-sampai keluar pernyataan yang sedikit mengejutkan dari Giring Ganesha yaitu vocalis band Nidji, salah satu musuh terbesar industri musik Indonesia adalah maraknya peredaran lagu secara digital. Giring Nidji: YouTube Musuh Terbesar Musik Indonesia?
Giring Nidji
Giring Nidji
Menurutnya, fenomena yang terjadi di Indonesia saat ini adalah daripada memutar lagu atau menonton video klip melalui kepingan kaset, masyarakat malah lebih memilih untuk menonton di situs YouTube. "Sebenarnya, kalau kita menghargai karya anak bangsa sendiri, harusnya mulai sadar, bisa beli kaset (originalnya)," Lanjutnya. Bahkan dengan sangat terbuka Giring juga mengatakan "Jadi, kalau teman-teman masih mau lihat Nidji, Noah, atau Ungu, ayo stop,"
"Apa sih musuh terbesar musik di Indonesia? YouTube. Karena masih ada yang upload karya orang, padahal punya DVD aslinya," kata Giring dalam wawancara di Youth Xperience Zone 2015, di Balai Sarbini, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (22/5/2015). Pernyataan ini dia lontarkan lantaran pernah suatu ketika dia berada di sebuah klinik gigi, dia meluhat salah satu staf sedang asik menonton video dari situs tersebut.

Lalu apakah memang benar merosotnya penjualan CD dari musisi di Indonesia memang ada hubunganya dengan situs ini? Mungkin sebenarnya memang ada beberapa faktor, bisa dari tingkat selera masyarakat yang mulai berubah, banyaknya pendatang baru yang lebih dilirik oleh masyarakat, atau faktor dari segi promosi dan lain-lain. Lalu pertanyaanya, apakah musisi Indonesia tidak bisa menjadikan situs itu sebagai salah satu media promosi atau penjualan lagu mereka? atau memang harus dijadikan musuh? penilaian tersebut tentu berbeda-beda dari setiap sudut pandang kita. Bagaimana menurut pendapat Anda tentang pernyataan Giring Nidji: YouTube Musuh Terbesar Musik Indonesia?

«
Next
Bài đăng Mới hơn
»
Previous
Bài đăng Cũ hơn

Không có nhận xét nào:

Leave a Reply