Slider

Business

Marketing

media

advertising

» » » Sejarah dan Fakta Unik Menara Eiffel yang Mengagumkan

Menara Eiffel sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Design yang luar biasa dan indah mampu memikat jutaan pengunjung dari seluruh dunia. Namun apakah Anda tau Sejarah dan Fakta Unik Menara Eiffel yang Mengagumkan ini? 
Menara Eiffel - Eifel Tower
Sejarah dan Fakta Unik Menara Eiffel yang Mengagumkan
Menara Eiffel adalah menara dengan bendera berkibar di puncaknya yang diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889. Menara ini dibangun dalam rangka pekan Pameran Dunia dan perayaan Revolusi Perancis, . Meskipun pada waktu itu kecaman dan protes yang keras dari penduduk Paris serta kalangan intelektual selama dibangun, namun kerangka besi ini ternyata menjadi simbol kota Paris dan mampu menarik lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahunnya.

Pembangunan proyek  Menara Eiffel  dipimpin oleh Mr. Gustave Eiffel dibantu oleh para insinyur seperti: Maurice Koechlin,  Emile Nouguier dan Stephen Sauvestre sebagai arsiteknya. Rencananya proyek ini dimulai tahun 1884. Namun karena berbagai halangan akhirnya pembanguan menara dimulai pada tahun 1887 dan selesai 26 bulan kemudian yaitu pada tahun 1889. Menurut perjanjian, menara ini akan dirobohkan setelah berlangsungnya pekan Pameran Dunia 1900. Akan tetapi, percobaan berhasil dari transmisi radio yang dikendalikan oleh Angkatan Bersenjata Perancis sebelum hari pemugaran akhirnya menyelamatkan menara Eiffel.

Dan berikut ini adalah fakta unik tentang Menara Eiffel yang Mengagumkan:
  1. Dua tahun, dua bulan, dan lima hari adalah lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun Menara Eiffel, pembangunan awal dimulai pada 26 Januari 1887.
  2. 7.799.401,31 adalah biaya yang dihitung dalam mata uang Prancis, Franc untuk membangun monumen tersebut. Bisa Anda baca 7,7 juta Euro atau setara Rp 101 juta.
  3. 324 meter adalah tinggi dari Menara Eiffel, termasuk antena di bagian atas. Tingginya mencapai 1.063 kaki, dan jika tanpa antena, tingginya akan menjadi 300 meter (984 kaki). Mungkin Anda belum pernah membayangkan betapa tingginya bangunan ini.
  4. 6 inci adalah total pertumbuhan menara di bawah sinar matahari di setiap tahunnya. Menara Eiffel tumbuh ketika panas dan menyusut saat dingin. Meskipun hal ini cukup sulit untuk dilihat dengan mata telanjang namun ternyata memang benar-benar terjadi.
  5. 103 ribu kilometer adalah jarak perjalanan satu lift setiap tahun, menurut situs livescience.com. Jarak tersebut sama dengan dua setengah kali keliling bumi. 
  6. 10 ribu ton adalah total berat dari menara Eiffel.
  7. 20 tahun adalah lama Menara Eiffel awalnya dirancang untuk bertahan. Menara ini dibangun oleh Gustave Eiffel untuk memperingati Revolusi Perancis dan memamerkan kekuatan industri Prancis.
  8. 18 adalah jumlah menara tersebut dicat ulang selama bertahun-tahun. Dibutuhkan 60 ton cat raksasa untuk membuat lapisan pertama. Ini jelas bukan pekerjaan yang mudah, namun ternyata hasilnya benar-benar luar biasa.
  9. 41 tahun adalah lama Menara Eiffel menjadi bangunan tertinggi di dunia sebelum Chrysler Building di New York dibuat dan mengunggulinya.
  10. 1944 adalah tahun ketika Menara Eiffel bisa saja dirubuhkan. Hitler memerintahkan gubernur militer Jerman di Prancis untuk meruntuhkan itu tapi dia menolak.
  11. 250 juta adalah jumlah orang yang telah membayar selama kunjungan ke Menara Eiffel selama bertahun-tahun. Jika Anda pernah kesana, berarti Andalah salah satu dari 250 juta tersebut.
Itulah Sejarah dan Fakta Unik Menara Eiffel yang Mengagumkan yang bisa saya uraikan untuk Anda. Mungkin saja setelah mengetahui fakta-fakta tersebut Anda semakin bersemangat untuk berkunjung ke sana bersama orang-orang tercinta Anda. Namun jangan lupa bahwa di dalam Negeri Indonesia-pun memiliki tempat-tempat yang istimewa seperti Wisata Alam Kalibiru dan wisatalainnya.

«
Next
Bài đăng Mới hơn
»
Previous
Bài đăng Cũ hơn

Không có nhận xét nào:

Leave a Reply