Slider

Business

Marketing

media

advertising

» » » Inilah Sepeda Motor Pertama di Indonesia

Inilah Sepeda Motor Pertama di Indonesia. Saat ini sepeda motor sudah menjadi bagian kebutuhan penting dalam aktivitas kita sehari-hari. Terlebih lagi di kota-kota yang sarat dengan kemacetan, sepeda motor merupakan alternatif yang paling banyak dipilih karena bisa lebih leluasa. Jika kita melihat hingga sampai saat ini perkembangan sepeda motor di Indonesia sangat cepat. 
Sepeda Motor Pertama di Indonesia
Inilah Sepeda Motor Pertama di Indonesia
Produk baru dengan design yang sangat modern dan tingkat kenyamanan yang ditawarkan terkadang membuat kita bingung untuk memilihnya. Apakah Anda pernah membayangkan seperti apa bentuk sepeda motor pertama yang ada di Indonesia? Yang pasti bentuknya masih sangat sederhana, simpel dan unik. Dan Inilah Sepeda Motor Pertama di Indonesia yang akan saya uraikan untuk Anda.
Seperti disebutkan dalam sejarah, sepeda motor ternyata sudah hadir di Indonesia sejak jaman pendudukan Belanda yang saat itu masih bernama Hindia Timur (Oost Indee). Dan sepeda motor pertama yang ada di Indonesia ternyata datang di daerah Probolinggo. Menurut catatan sejarah, sepeda motor telah hadir di Indonesia sejak tahun 1893 atau sekitar 117 tahun yang lalu, satu tahun sebelum datangnya Mobil Pertama di Indonesia. Walaupun pada saat itu Indonesia masih dibawah pendudukan Belanda, ternyata orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia bukanlah orang Belanda, melainkan orang Inggris yang bernama John C. Potter yang sehari - hari bekerja sebagai masinis pertama di Pabrik Gula Oemboel Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam sebuah buku yang berjudul Krèta Sètan (De Duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sepeda motor tersebut dari pabriknya Hildebrand und Wolfműller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor pesanan Potter itu tiba di Probolinggo pada tahun 1893. The Hildebrand & Wolfmüller adalah sepeda motor yang diproduksi pertama kali di dunia. Heinrich dan Wilhelm Hidebrand adalah insinyur mesin uap sebelum mereka bergabung dengan Alois Wolfmüller untuk memproduksi sistem pembakaran internal mereka untuk Motorrad di Munich pada tahun 1894.

«
Next
Bài đăng Mới hơn
»
Previous
Bài đăng Cũ hơn

Không có nhận xét nào:

Leave a Reply