Slider

Business

Marketing

media

advertising

» » Manfaat Luar Biasa Setiap Gerakan Wudhu

Manfaat Luar Biasa Setiap Gerakan Wudhu. Wudhu adalah kewajiban yang harus dilakukan sebelum umat muslim melakukan ibadah Sholat. Tujuan utama dari wudhu tentu saja untuk mensucikan tubuh dari segala macam najis, karena untuk melakukan ibadah Sholat harus dalam keadaan bersih. Wudhu merupakan salah satu ‘Amaliyah Ta’abbudiy sebagai syarat sahnya melaksanakan Ibadah Shalat. 
Manfaat Luar Biasa Setiap Gerakan Wudhu
Manfaat Luar Biasa Setiap Gerakan Wudhu
Namun taukah Anda bahwa ternyata dari setiap gerakan dalam wudhu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh? Bahkan Seorang psikiater dan neurolog asal Austria, Prof  Leopold Werner von Ehrenfels telah menemukan bahwa wudhu danpat menstimulasi pusat syaraf dalam tubuh manusia. Kegiatan tersebut akan menstimulir lima organ panca Indra yaitu mata, telinga, hidung, mulut, tangan dan kaki. Stimulus tersebut akan dihantarkan melalui meridian ke sel, jaringan, organ dan sistim organ yang bersifat terapi. Di lain pihak, bagian yang dibasuh juga merupakan pintu masuk bagi ribuan kuman,virus, dan bakteri. Dan berikut ini adalah Manfaat Luar Biasa Setiap Gerakan Wudhu.

1. Membasuh kedua telapak tangan

Membasuh telapak tangan dapat merefleksikan diri, karena ternyata terdapat beberapa titik pada telapak tangan yang bisa menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Pada telapak tangan terdapat banyak serabut syaraf, pembuluh vena, pembuluh arteri dan pembuluh limfe. Dengan menggosok pada sela-sela jari akan melancarkan peredaran darah yang mengandung makanan dan oksigen. Sedangkan cuci tangan sendiri adalah cara pencegahan agar tidak terjangkit penyakit, seperti Hepatitis A, misalnya virusnya dapat dicegah masukke dalam tubuh dengan mencuci tangan, serta membasuh telapak tangan dapat merefleksikan diri, karena di telapak tangan terdapat banyak titik yang dapat menguntungkan bagi kesehatan kita. 

2. Berkumur - kumur

Seringkali terjadi sisa-sisa makanan mengendap atau tersangkut antara sela-sela gigi, apabila tidak dibersihkan akan digunakan sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan kuman-kuman. Dengan melakukan berkumur-kumur berarti tanpa disadari kita telah mencegah pertumbuhan penyakit yang menyebabkan infeksi pada gigi dan mulut. Hasil analisa para ilmuwan modern telah membuktikan bahwa dengan berkumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari penyakit radang dan menjaga gusi dari luka. Manfaat lainnya adalah dapat menguatkan sebagian otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya dan menjadikan jiwa seseorang menjadi tenang.

3. Istinsyaq (Menghirup Air dengan Hidung)

Hal ini berfungsi untuk membersihkan selaput dan lendir hidung yang telah tercemar oleh udara kotor dan kuman. Kita tahu bahwa selaput dan lendir hidung merupakan pertahanan pertama dalam system pernapasan kita (ISPA), jadi harus selalu menjaga kebersihannnya agar terhindar dari penyakit yang mengganggu pernapasan. Karena dari hidung bisa saja penyakit tersebut menular sampai ke paru-paru. Sehingga akan semakin tinggi tingkat kebahayaannya. 

4. Membasuh wajah

Dengan membasuh wajah berarti kita membersihkan wajah dari debu-debu yang mengandung kuman/ bakteri penyebab masalah kulit wajah, seperti jerawat, komedo, dll. selain itu dapat membuat wajah selalu segar setiap saat dan dapat menghilangkan rasa kantuk. Dan dapat mengurangi depresi pada wajah, membantu peremajaan kulit, serta membantu kulit untuk bernafas. Kulit yang sebelumnya tertutup oleh debu atau balutan make up ketika dibasuh akan bersih sehingga dapat bernafas lagi.  


5. Membasuh kedua tangan

Membasuh kedua tangan dari telapak tangan sampai siku-siku berarti menghilangkan debu dan kuman yang biasanya menempel pada bagian tersebut. Menurut para pakar kesehatan, membasuh kedua tangan dapat membuang energi buruk yang ada di dalam tubuh dengan cara mengaliri air pada ujung jari. Dari telapak tangan sampai siku-siku terdapat banyak titik akupuntur yang bisa menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan dada, paru-paru, jantung, lambung, tenggorokan, dan organ-organ gerak bagian atas, serta terdapat titik yang menghilangkan rasa cemas.

6. Membasuh sebagian rambut

Membasuh sebagian rambut berarti mengusap sebagian kepala dengan air terutama pada ubun-ubun. Dengan mengusap sebagian kepala dapat membuat otak kita menjadi jernih dalam berpikir, mempertajam ingatan, mencegah kerontokan rambut dan terhindar dari penyakit pikun. Karena pada area tersebut terdapat titik-titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia.

7. Membasuh kedua telinga

Dapat merangsang titik pendengaran dan keseimbangan. Pada telinga juga terdapat titik-titik akupuntur. Menurut penelitian cabang spesifikasi kedokteran di China bahwa bentuk telinga bisa dipresentasikan sebagai tubuh manusia. Bentuk telinga ini sama dengan bentuk tubuh saat meringkuk ketika masih di dalam rahim ibunya. Kepalanya adalah bagian yang dipasang anting. Dalam lubang adalah tempat tersimpannya organ-organ tubuh bagian dalam. Melakukan stimulasi seperti wudhu akan berpengaruh baik terhadap fungsi organ dalam. Adapun lingkaran luar menggambarkan punggung. Pemijatannya juga seolah menstimulasi punggung dan ruas-ruas tulang belakang. 

8. Membasuh Kedua Telapak Kaki

Membasuh kedua telapak dengan memijatnya secara baik dapat membuat perasaan tenang dan nyaman. 

Dari sudut pandang pengobatan medis, Mokhtar Salem dalam bukunya Prayers: a Sport for the Body and Soul menjelaskan bahwa wudhu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Cara paling efektif mengeyahkan resiko ini adalah membersihkannya secara rutin. Berwudhu lima kali sehari adalah antisipasi yang lebih dari cukup. 

Nah itulah Manfaat Luar Biasa Setiap Gerakan Wudhu. Jadi selain kita mendapatkan pahala, manfaat yang akan didapatkan untuk tubuh ternyata juga sangat luar biasa.

«
Next
Bài đăng Mới hơn
»
Previous
Bài đăng Cũ hơn

Không có nhận xét nào:

Leave a Reply